Pendahuluan
Materi kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menggerakkan karakter 3D dalam unity.Seperti pada materi sebelumnya, kita akan memanfaatkan beberapa Assets yang sudah tersedia dan “meramunya” menjadi sebuah game yang menarik.
Assets yang dibutuhkan antara lain adalah :
- Standard Assets - bisa didapat di Unity Store
- Kiky si Kancil - bisa di dapat di Link ini
- Simple city plain - bisa didapat di Unity Store
Proses Pembuatan Terrain
Baca post dari blog saya sebelumnya jika lupa bagaimana melakukan import dan membuat Terrain dengan texture rumput. Jangan lupa juga untuk import assets dari Kiky si Kancil yang ada di menu Assets -> Import Package -> Custom Package
Selanjutnya pilih package dari Asset Kiky si Kancil yang telah di download sebelumnya.
Setelah membuat terrain dengan environment perkotaan, tambahkan character Third Person dan sesuaikan camera pada scene sehingga tampilan scene akan seperti dibawah ini.
\
NOTE !!
Hal terpenting yang perlu diketahui adalah, Unity bukanlah software untuk membuat karakter 3D. Kita harus membuat karakter tersebut menggunakan software grafis seperti Blender atau 3D Max. Adapun karakter yang akan kita pelajari pada materi kali ini adalah karakter Kiky Si Kancil yang diambil dari buku Unity Tutorial Game Engine karya Rickman Roedavan.
Karakter Kiky Si Kancil dibuat menggunakan Software Blender.
Agar karakter yang dibuat pada software grafis tersebut dapat digunakan dengan baik pada Unity, maka karakter harus sudah dilengkapi dengan tekstur yang diproyeksikan menggunakan UV. model dan tekstur tersebut harus diimpor ke dalam Unity.
Selain itu, karakter yang akan diimpor ke dalam unity juga harus disertakan dengan animasinya. Setiap software grafis memiliki mekanisme yang hampir mirip dalam pengendalian animasi.
Setiap animasi diatur ke dalam beberapa frame dan masing-masing dapat diberikan label sesuai dengan gerakan animasinya seperti idle (diam), walk (berjalan), run (berlari) dan sebagainya.
Pastikan package Kiky Si Kancil.unitypackage sudah di-import, barulah kita bisa melanjutkan materi ini.
Tambahkan texture dengan cara klik texture pada panel Assets dan tarik langsung ke mesh Kiky Si kancil. Tampilan Model dan texture yang sudah benar dapat dilihat dibawah. Untuk character ethan yang sebelumnya kita buat, bisa dihapus karena kita akan fokus pada si Kancil.
Proses Import Karakter Animasi Kiky Si Kancil
Sebelum masuk ke Step ini, disarankan kalian sudah memiliki software Blender di PC masing masing. Lalu Buka folder Model dan pasang object UnitySiKancilX.blend pada Scene.
NOTE : Apabila file *.blend tidak bisa di pasang di scene, maka klik 2x file *.blend tersebut dan unity akan mengarahkan window ke Software Blender yang dipasang sebelumnya dan export blend ke extension *.fbx dengan langkah-langkah : File -> Export -> FBX (.fbx) .
Untuk ukuran dari Character, dapat disesuaikan dengan merubah Scale dari Object Kancil yang ada pada inspector.
Jika tidak ada kesalahan, Jalankan game dan lihat apa yang terjadi.. ya, character pun bisa bergerak dan animasinya pun sesuai dengan input dari player.
Materi from : Universitas Budi Luhur
Link Project : Google Drive
No comments:
Post a Comment