Animasi Pada Unity3D
Animasi pada dasarnya adalah sebuah pergerakan yang terbagi menjadi dua, yaitu perpindahan posisi dan perubahan bentuk. Materi ini akan membahas proses pembuatan dua jenis animasi tersebut menggunakan tool standar Unity. Hal-hal lain yang lebih rinci mengenai animasi pada object akan dijelaskan pada materi selanjutnya.Praktik Membuat Animasi pada Unity3D
Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Obect -> Plane.Tambahkan sebuah Cube dangan cara klik menu GameObject -> 3D Obect -> Cube dan tempatkan Cube sedikit di atas Plane agar terlihat seperti gambar dibawah.
Selanjutnya tampilkan jendela Animation dengan cara klik menu Window -> Animation atau dengan shortcut Ctrl + 6. Rencananya kita akan membuat 3 animasi yang berbeda untuk si Cube.
Untuk membuat animasi, yang pertama harus dilakukan adalah membuat sebuah file *.anim yang berisi sebuah animasi. Caranya, klik GameObject Cube pada tab Hierarchy, klik jendela Animation dan klik Create. Lalu ketikan nama animasinya, misalnya: Animasi1.anim.
Tambahkan sebuah Component Animation pada Cube dengan cara klik menu Component -> Miscellaneous -> Animation.
Pada parameter Animations, ketikan angka 3 (sejumlah animasi yang tadi dibuat) dan masukkan satu per satu animasi yang diinginkan pada kotak yang bersesuaian.
Pada parameter Animations, ketikan angka 3 (sejumlah animasi yang tadi dibuat) dan masukkan satu per satu animasi yang diinginkan pada kotak yang bersesuaian.
No comments:
Post a Comment